Penanganan Stres: Dari Gejala hingga Solusi terbaik

Roempi
0

Sudah bukan hal mengejutkan lagi jika stres terjadi pada seseorang karena memang sudah jadi hal umum di kehidupan sehari-hari, bahkan mungkin kamu juga pernah mengalami hal tersebut, tapi jangan khawatir stres adalah hal normal yang dialami oleh setiap orang. bahkan stres dalam batas tertentu dapat menjadi hal yang positif untuk memotivasi kita dalam mencapai tujuan. Tapi lain halnya jika stres yang berlebih itu bisa memberikan kita dampak yang negatif terhadap susana hati, kesehatan baik itu fisik maupun mental dan mengalami insomnia.

Stres pada manusia juga dapat berbeda-beda, contohnya beberapa orang menganggap menghadapi ujian sekolah itu berat dan bisa mengakibatkan stres, tapi sebagian lainnya malah biasa-biasa saja dengan ujian sekolah. dan stres juga dapat diakibatkan oleh berbagai hal seperti kejadian yang membuat trauma, keluarga tidak harmonis, kesenjangan ekonomi, tuntutan pekerjaan, terjadi kejadian buruk dan masih banyak lagi.

Oleh karena itu untuk mengatasi stres yang berlebihan ada baiknya kalian melakukan aktivitas yang menghilangkan stres, beberapa kegiatan yang bisa kalian lakukan untuk Menghilangkan stres


1. Olahraga 

Selain membuat badan menjadi sehat dengan melakukan olahraga juga bisa meredakan stres, karena tubuh akan melepas senyawa endorfin yang membuat kalian merasa rileks dan membuat suasana hati menjadi membaik.

2. Yoga

Dengan melakukan Yoga pikiran kalian bisa menjadi tenang, karena kegiatan ini dapat menurunkan kadar hormon stres, yaitu hormon kortisol, sehingga kalian bisa menjadi lebih tenang dari stres.

3. Lakukanlah kegiatan yang menyenangkan

Untuk menghilangkan stres kalian bisa melakukan kegiatan yang menyenangkan seperti membaca buku, menyanyi, memasak, dan berjalan-jalan dengan hewan peliharaan 

4. Ungkapkan keluh kesah

Kalian sebaiknya mengungkapkan keluh kesah yang kalian pendam agar pikiran kalian menjadi tenang.


Itulah beberapa hal yang bisa meringankan stres kalian, namun jika stres kalian tidak kunjung reda dan malah mengalami gejala seperti

• sulit mengendalikan rasa takut dan kepanikan 

• seringkali mengalami insomnia 

• susah melupakan kejadian yang membuat trauma 

• adanya keinginan untuk mengakhiri diri

Jika mengalami gejala di atas sebaiknya segeralah konsultasi dengan psikolog atau psikiater karena bisa saja sangat berbahaya bagi kesehatan fisik dan mental. 

Tags

Posting Komentar

0Komentar

Posting Komentar (0)